Sukses

VIDEO: Semarak Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Daerah

Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, atribut islami seperti replika Kabah dan Alquran dibawa berpawai berjalan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan umat muslim untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (2/10/2019), ribuan muslimah komunitas hijabers di Solo, Minggu pagi menggelar pawai ta'aruf bersamaan dengan jalan sehat yang diiringi musik hadrah. Para muslimah bersalawat mengajak warga Solo menjaga kerukunan. Ribuan balon dilepas ke udara sebagai simbol indahnya perbedaan.

Sementara itu, di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ribuan warga dan remaja menggelar pawai karnaval budaya bernafaskan Islam. Berbagai atribut islami seperti replika Kabah dan Alquran dibawa berpawai berjalan kaki mengelilingi Polewali Mandar. Salah satu ikon seni khas suku mandar yakni Saiyyang Pattudduq atau kuda menari juga turut menyemarakkan agenda tahunan ini.

Di Merauke, Papua, ribuan umat Islam mengikuti kirab menyambut tahun baru Islam di halaman Masjid Raya Al Aqsa usai salat subuh. Kelompok drum band membuka kirab yang berawal dari halaman masjid raya ini. Kelompok drum band yang memeriahkan pawai ini berasal dari tingkat SD hingga SMA. Disusul barisan anak sekolah, mahasiswa, TNI dan Polri serta kelompok pengajian umat Islam di Merauke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.