Sukses

VIDEO: Perobohan Bangunan 19 Lantai di Bintaro Salah Perhitungan

Sampai saat ini sudah 152 ton pasir basah dibebankan, namun gedung belum juga roboh.

Liputan6.com, Tangerang - Gedung tua milik Bank Panin di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, hingga kini masih kokoh berdiri. Ratusan ton pasir basah yang dibebankan di atasnya tak mampu merobohkan gedung 19 lantai ini. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (16/10/2016), proses merobohkan gedung tua ini tidak sesuai dengan rencana awal.

Hal ini dikarenakan dokumen as built drawing, yang berisi gambar dari revisi gedung, hilang. Sehingga berdampak pada salah perhitungan pada jumlah pasir yang seharusnya dibebankan di atas gedung.

Sampai saat ini sudah 152 ton pasir basah dibebankan, namun gedung belum juga roboh.

"Kalau masih belum ada penurunan juga, kita akan menambahkan barangkali sekitar 70 ton lagi, mudah-mudahan mereka suplai. Dan menurut perkiraan kami itu tidak mungkin gedung itu masih kuat kalau ditambah itu lagi, itu sudah enggak mungkinlah," jelas Adang Sulahman, tim ahli bangunan. 

Pihak kontraktor telah menyediakan stok pasir tambahan, untuk beban selanjutnya. Diperkirakan dengan beban maksimal 250 ton pasir basah, nantinya dapat meruntuhkan gedung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.