Sukses

VIDEO: Menikmati Indahnya Senja di Kampung Bunga Bondowoso

Warga Desa Jampit suka sekali bertanam bunga dan sayur mayur. Mereka tak membiarkan pekarangan rumah kosong atau ditumbuhi rumput liar.

Liputan6.com, Bondowoso - Warga sebuah desa di Bondowoso, Jawa Timur memanfaatkan tanah kosong dengan menanaminya aneka bunga, sayur mayur, dan tanaman obat. Tak hanya jadi penghias desa, aneka tanaman itu menjadi sumber penghasilan tambahan bagi warga setempat.

Desa itu adalah Desa Jampit yang terletak di Kecamatan Sempol, Bondowoso. Saat cahaya matahari mulai redup, keindahan di desa ini seakan tak pernah luruh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (18/10/2016), aneka jenis dan warna bunga terhampar indah di pelosok desa. Selain itu, berbagai tanaman sayuran segar yang ditanam semakin membuat para pengunjung kerasan.

"Saya merasa takjub sekali, karena ternyata di Kabupaten Bondowoso ini ada sebuah wilayah atau lingkungan yang tertata begitu rapi, indah. Sehingga membuat orang yang datang merasa nyaman," ungkap Haeriyah Yuliati, salah satu pengunjung Desa Jampit.

Warga Desa Jampit memang suka sekali bertanam bunga dan sayur mayur. Mereka tak membiarkan pekarangan rumah kosong atau ditumbuhi rumput liar. Untuk bibit bunga, sayuran, dan tanaman obat didapat warga dengan saling tukar.

Tidak perlu perawatan ekstra, karena suhu dan posisi geografis Desa Jampit di dataran tinggi. Sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Sangat ideal untuk bertanam bunga, sayur mayur, dan tanaman obat.

Tak hanya jadi penghias desa, aneka tanaman itu jadi sumber penghasilan tambahan bagi warga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.