Sukses

VIDEO: Periksa Kesehatan Gratis di Gerbong Kereta Api

Gerbong kereta yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang disulap sebagai ruang pelayanan kesehatan masyarakat.

Liputan6.com, Cirebon - Masyarakat pinggir rel kini dipermudah mendapatkan layanan kesehatan. Sebab, kini hadir rail clinic atau klinik rel dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Kedatangan rail clinic di Stasiun Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini langsung disambut ratusan warga. Gerbong kereta yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang disulap sebagai ruangan pelayanan kesehatan masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (22/10/2016), di dalam gerbong terdapat sejumlah ruangan periksa dokter hingga ruang obat-obatan.

Di dalam rail clinic yang memiliki dua gerbong, masyarakat memeriksakan berbagai macam penyakit. Mulai dari masalah gigi hingga mata. Rail clinic beroperasi ke sejumlah stasiun dengan sasaran masyarakat pinggiran yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis.

"Memang kendaraan kita kereta api, kita coba bisa nggak memanfaatkan ini dengan memberikan pelayanan kepada warga-warga yang ada di sekitar sini," kata Deputi Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Ida Hidayati.

Selain menjangkau masyarakat yang hidup di pinggiran rel, rail clinic juga dikhususkan untuk menjangkau lokasi-lokasi yang susah dilalui kendaraan. Seperti di daerah Sumatera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.