Sukses

VIDEO: 311 Penumpang KMP Lambelu Menunggu Giliran Evakuasi

KMP Lambelu kandas, pada Minggu 23 Oktober dinihari kemarin saat menuju Pelabuhan Tarakan.

Liputan6.com, Kalimantan - Ratusan penumpang Kapal Lambelu yang kandas di Tanjung Pasir, Tarakan, Kalimantan Utara hingga kini masih menunggu kepastian nasib mereka untuk dievakuasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (24/10/2016), dari 649 penumpang, sebanyak 338 telah diturunkan dari kapal dan dibawa menuju Nunukan di Kalimantan Utara.

Sementara 311 penumpang lainnya masih harus menunggu giliran untuk diselamatkan. Evakuasi penumpang KMP Lambelu tidak dapat dilaksanakan sekaligus, karena kondisi air yang dangkal tak dapat dilewati kapal besar.

KMP Lambelu kandas pada Minggu, 23 Oktober dinihari kemarin saat menuju Pelabuhan Tarakan. Sekitar dua jam perjalanan menuju pelabuhan, dari arah berlawanan melaju kapal tugboat yang tengah menarik tongkang batubara.

Saaat itu awak Lambelu berusaha menghubungi tugboat, namun tak direspons. Tak mau ambil risiko, nakhoda membelokkan KMP Lambelu ke arah kanan guna menghindari tabrakan. Ternyata kapal itu malah kandas di perairan dangkal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.