Sukses

VIDEO: Tambang Emas di Jambi Longsor Timbun 11 Penambang

Tim gabungan belum berhasil mengevakuasi kesebelas korban.

Liputan6.com, Jambi - Tambang emas longsor dan menimbun 11 penambang di Desa Sungai Macang, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi. Saat ditelusuri, material lumpur bercampur air masih memenuhi lubang tambang tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (26/10/2016), longsor terjadi saat hujan mengguyur lokasi tambang. Lumpur yang terbawa air hujan ikut masuk ke lubang tambang. Akibatnya, sebelas penambang yang sedang bekerja terjebak di lubang sedalam 30 meter.

Hingga Selasa sore, 25 Oktober 2016, tim SAR gabungan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi belum berhasil mengevakuasi kesebelas korban.

Evakuasi dilakukan dengan cara menyedot air dan lumpur dari dalam lubang. Namun penyedotan mengalami kendala rusaknya mesin pompa.

Proses evakuasi rencananya akan dilanjutkan pada Rabu pagi ini. Berikut data sebelas penambang yang tertimbun longsor dari data BPBD setempat: Tami (45), Yongtok (30), Siam (28), Hamzah (55), Jurnal (21), Lukman (34), Guntur (34), Sito (25), Zulfikar (25), Herman (23), Erwin (44).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.