Sukses

VIDEO: Perayaan Sumpah Pemuda di Berbagai Daerah

Di berbagai daerah, peringatan Hari Sumpah Pemuda diisi berbagai macam kegiatan positif.

Liputan6.com, Banyumas - Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Tanah Air diisi dengan berbagai kegiatan positif. Di antaranya, puluhan grup musik kentongan di Banyumas meriahkan peringatan dengan mengikuti lomba musik kentongan. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (28/10/2016), para peserta merupakan anggota usaha kecil menengah, mulai dari perajin bambu hingga penderes kelapa. 

Sementara di Solo, Jawa Tengah, anak anak sekolah dasar di Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) mengikuti perlombaan membaca dongeng atau cerita legenda Indonesia. Perlombaan yang khusus diadakan untuk anak-anak difabel ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anak sekaligus mengenalkan bahasa Indonesia melalui cerita legenda dongeng Indonesia.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, momen Hari Sumpah Pemuda juga menjadi kebangkitan untuk memicu kreativitas para pemuda di Desa Cintaraja mengolah sampah-sampah dengan mendirikan bank sampah. Gagasan program 'Menabung Sampah' ini pertama kali dicetuskan Ilham Irdas salah seorang aktivis pecinta lingkungan yang juga seniman setempat.

Di Surabaya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengunjungi karya mahasiswa di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Dia meminta generasi muda untuk terus melakukan inovasi terobosan terbaru di bidang riset dan teknologi.

88 tahun Sumpah Pemuda berlalu, saatnya pemuda berkarya menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia layak diperhitungkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.