Sukses

VIDEO: 16 Kali Erupsi, Gunung Sinabung Status Awas Level 4

Warga langsung diminta menjauh dari zona merah yang sudah ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi .

Liputan6.com, Karo - Aktivitas Gunung Api Sinabung kembali meningkat sepanjang Selasa 1 November 2016. Warga di kaki gunung diminta menjauhi zona merah yang telah ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (2/11/2016), sedikitnya terjadi 16 kali erupsi. Akibatnya, sejumlah wilayah di kaki gunung diselimuti debu vulkanik termasuk Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang hanya berjarak 6 kilometer dari puncak gunung.

Tebalnya debu vulkanik membuat warga sulit melakukan aktivitas. Mereka langsung diminta menjauh dari zona merah yang sudah ditetapkan oleh PVMBG. 

Warga berharap bisa mendapat bantuan obat-obatan dan masker. Mereka khawatir mengalami inspeksi saluran pernapasan akut karena sering menghirup abu vulkanik. Hingga saat ini Gunung Sinabung masih berstatus awas level 4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini