Sukses

VIDEO: Aksi Damai 4 November, Jalanan Ibu Kota Lengang

Jika biasanya Jumat pagi rentan macet di mana-mana, hari ini justru sebaliknya. Mobil-mobil justru melaju kencang di ruas tol dalam kota.

Liputan6.com, Jakarta - Jika biasanya Jumat pagi rentan macet di mana-mana, hari ini justru sebaliknya. Mobil-mobil justru bisa melaju kencang di ruas tol dalam kota.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (4/11/2016), situasi lancar ini terlihat di segala arah di sekitar simpang Cawang. Tak hanya di Jalan Tol Arteri MT Haryono, Jalan Gatot Subroto juga terpantau lancar.

Sejumlah instansi memilih meliburkan karyawan dan sekolah hari ini untuk menghindari macet dan ricuh yang mungkin timbul saat unjuk rasa. Namun, sejauh ini massa menjamin aksi berlangsung damai.

Aksi damai 4 November dimulai usai ibadah salat Jumat dari Masjid Istiqlal Jakarta, kemudian menuju arah Gereja Imanuel di kawasan Pejambon dan dilanjutkan ke Gambir. Massa selanjutnya melintas di depan Balai Kota DKI, menuju arah Patung Kuda dan terakhir berpusat di depan Istana Merdeka.

Untuk massa yang berkumpul di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), polisi mengalihkan arus dari Kebon Sirih ke Medan Merdeka Timur. Sementara untuk mengantisipasi massa yang berkumpul di Balai Kota DKI, polisi mengalihkan arus lalu lintas ke arah MH Thamrin dan Sudirman.

Sedangkan untuk massa yang berkumpul di depan Istana Merdeka, arus dari Gajah Mada dialihkan ke Pasar Baru, Gunung Sahari lalu ke Lapangan Banteng.

Polisi juga memanfaatkan ruas Jalan Sutan Syahril, Jalan Agus Salim, dan Jalan Imam Bonjol sebagai rute alternatif. Tak lupa polisi juga menyiagakan petugas ekstra di Simpang Semanggi sebagai titik pengalihan arus aksi damai 4 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.