Sukses

VIDEO: Pekik Takbir Iringi Demonstran 4 November Asal Bogor

Untuk memastikan ketertiban, polisi mengawal rombongan demo 4 November hingga perbatasan Tangerang-Jakarta.

Liputan6.com, Bogor - Ribuan umat Islam dari berbagai wilayah di sekitar Jakarta, sejak pagi hingga siang ini mengikuti unjuk rasa memprotes dugaan penistaan agama oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, pekik takbir menggema di halaman Masjid Amaliah, Universitas Juanda, Bogor saat mahasiswa dan warga berkumpul dan bersiap berangkat ke Jakarta. Mereka bertolak ke Jakarta dengan berbagai jenis kendaraan, seperti bus dan angkutan umum.

Sementara sebagian lainnya ada yang memilih untuk menggunakan kereta api dari Stasiun Cilebut dan Bogor. 

Di Ciledug, Tangerang, ratusan umat muslim berkumpul di halaman Masjid Al Madinah sebelum berangkat ke Jakarta. Untuk memastikan ketertiban, polisi mengawal rombongan hingga perbatasan Tangerang-Jakarta. 

Di Bandung, lebih dari 1.000 umat muslim berkumpul di Masjid Al Fajar, Cigagra sebelum berangkat ke Jakarta. Mereka menumpang 15 bus dan sejumlah kendaraan lain. 

Selain dari Cijagra, titik keberangkatan tersebar di beberapa tempat di Bandung. Seperti di Pusdai, Jalan Diponegoro.

Guna mengamankan perjalanan peserta unjuk rasa, polisi memperketat penjagaan di berbagai titik. Di antaranya di gerbang-gerbang jalan tol, seperti Pintu Tol Karawang Timur dan Karawang Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.