Sukses

VIDEO: Jejak-Jejak Anarkis Massa Jadi Tontonan Warga Penjaringan

Saat penjarahan terjadi di Jalan Gedong, Penjaringan, sejumlah pegawai tengah berada di lantai dua toko.

Liputan6.com, Jakarta - Dua minimarket di Jalan Gedong Panjang, Penjaringan, Jakarta Utara yang semalam menjadi sasaran penjarahan massa, kini menjadi tontonan warga.

Sejak pagi, ruas jalan ini penuh dengan warga yang ingin menonton. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (5/11/2016), kondisi minimarket kini berantakan. Tak hanya pintu besi yang rusak, kaca-kaca toko dan seluruh isi ruangan juga turut berhamburan di lantai.

Meski garis polisi melintang, hal ini tak menyurutkan antusiasme warga untuk mengabadikan jejak-jejak aksi anarkis sekelompok massa. Saat kejadian, sejumlah pegawai tengah berada di lantai dua toko.

Satu toko minimarket lainnya yang terletak di ruas Jalan Gedong Panjang, Penjaringan juga ikut dirusak massa. Mereka juga menjarah barang-barang di dalam swalayan.

Saat suasana mereda, warga baru mengetahui bila ada karyawati minimarket yang jatuh pingsan. Diduga ia shock mendapati tempat kerjanya menjadi sasaran aksi penjarahan. 

Sebelum ratusan massa yang tak jelas asalnya terus menyerang polisi dengan batu dan kayu di kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Polisi bertameng terus bertahan sambil sesekali melepaskan tembakan air mata. Polisi sempat memutuskan untuk mundur, namun dari arah Gedong Panjang, sekelompok massa melempari petugas. Diserang dari dua arah membuat petugas terjepit dan akhirnya mundur dari pasar ikan.

Kondisi mulai terkendali saat pasukan tambahan dari Polri dan TNI tiba di lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.