Sukses

VIDEO: Warga Jember Sambut Supermoon di Pantai Segara Anakan

Meski sempat terhalang mendung dan gerimis, bulan yang terlihat penuh ini pun tak disia-siakan warga.

Liputan6.com, Jember - Fenomena langka supermoon terlihat begitu jelas di kawasan pesisir pantai Segara Anakan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur, Senin malam, 14 November 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (15/11/2016), meski sempat terhalang mendung dan gerimis, bulan yang terlihat penuh ini pun tak disia-siakan warga. Mereka mengabadikan supermoon dengan kamera ponsel.

Sedangkan di Makassar, Sulawesi Selatan, warga juga tak tertinggal menyaksikan momen langka supermoon. Namun warga tak melihat adanya perbedaan mencolok pada besarnya bulan pada saat bukan supermoon. Sekitar pukul 23.00 waktu setempat, warga hanya melihat perbedaan pada bulan yang dikelilingi lingkaran seperti gelang.

Supermoon terjadi karena bulan berada dalam jarak terdekat dengan bumi, sehingga bulan terlihat begitu jelas. Fenomena supermoon pada 14 November 2016 saat ini bahkan diperkirakan yang terbesar dalam 70 tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.