Sukses

Kilas Indonesia: Jembatan Putus, 4 Desa di Muara Enim Terisolir

Akibat luapan Sungai Citarum, ribuan rumah di lima kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terendam banjir.

Liputan6.com, Muara Enim Diterjang banjir dahsyat akibat luapan Sungai Enim, pada Senin, 14 November 2016, jembatan gantung di Desa Paduraksa, Sumatera Selatan putus. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (15/11/2016).

Akibatnya empat desa yang dihubungkan dengan jembatan tersebut kini terisolir.

Akibat luapan Sungai Citarum, ribuan rumah di lima kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terendam banjir. Salah satunya Kecamatan Muara Gembong.

Kondisi ini menyebabkan aktivitas warga Bekasi lumpuh dan memilih bertahan di rumah masing-masing karena minimnya posko pengungsian.

Sementara itu di Grobogan, Jawa Tengah, 10 hektare tanaman bawang merah rusak akibat terendam banjir. Bawang merah menjadi busuk, sehingga sama sekali tidak bisa dijual. Para petani bahkan merugi hingga ratusan juta rupiah akibat bencana ini.

Di Lamongan, Jawa Timur, ribuan warga mengantisipasi banjir dengan cara bergotong-royong menyingkirkan eceng gondok yang menyumbat aliran Sungai Bengawan Jero. Sungai Bengawan Jero adalah anak Sungai Bengawan Solo yang kerap meluap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.