Sukses

VIDEO: BNN Bali Lakukan Tes Urine Terhadap Awak Pesawat

Seluruh awak pesawat termasuk pilot dan pramugari didata untuk kemudian diminta mengikuti tes urine.

Liputan6.com, Denpasar - Guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali melakukan tes urine terhadap awak pesawat di Bandara Ngurah Rai Bali. Dalam tes urine, tidak satupun awak pesawat yang didapati positif menggunakan narkoba. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (19/11/2016), sejumlah petugas BNN langsung menuju pesawat yang baru tiba. Seluruh awak pesawat termasuk pilot dan pramugari didata untuk kemudian diminta mengikuti tes urine.

Tes dilakukan menggunakan 4 parameter untuk narkoba jenis ganja, sabu, ekstasi dan heroin. Selain untuk mencegah peredaran narkoba, tes ini untuk menjamin keselamatan penerbangan mengingat pernah ada sejumlah kasus narkoba yang melibatkan awak pesawat.

Dari 30 awak pesawat di 2 maskapai yang dikenai tes urine, tidak satu pun yang dinyatakan positif narkoba. Kendati demikian, pihak BNN Bali akan terus melakukan tes urine di bandara untuk mencegah penyalahgunaan narkotika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.