Sukses

VIDEO: Puluhan Santriwati Jombang Keracunan Asap Pembasmi Nyamuk

Penyebab keracunan diduga komposisi campuran obat antinyamuk dan solar dengan takaran yang salah.

Liputan6.com, Jombang - Puluhan santriwati Pondok Pesantren Al Ikhlas, Jombang, Jawa Timur keracunan asap pembasmi nyamuk atau fogging.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (21/11/2016), mereka berjatuhan tak lama setelah menghirup asap fogging yang tengah dilakukan oleh Dinas Kesehatan setempat untuk mencegah demam berdarah di musim hujan.

Penyebab keracunan diduga komposisi campuran obat antinyamuk dan solar salah takaran. Sehingga menyebabkan para santriwati pusing, mual serta sesak nafas.

"Menghirup asap. Selain pusing dan muntah, dadanya sakit," kata Jihan, santriwati korban keracunan.

Untuk mendapatkan perawatan intensif, sebanyak 32 santri dirawat di Unit Gawat Darurat (IGD) RSUD Jombang. Saat ini, 27 santriwati masih dirawat di ICU hingga kondisinya membaik.

Menurut dokter, seluruh pasien menderita kekurangan oksigen akut, sehingga mengalami kesulitan pernafasan dan mual-mual.

"Yang kita tahu fogging itu bahannya adalah bahan kimia yang dioplos dengan solar dengan komposisi yang tepat. Akhirnya terhirup oleh anak-anak 10 menit kemudian. Total tadi malam kita rawat ada 10 orang yang diobservasi ketat," ungkap Dirut RSUD Jombang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.