Sukses

VIDEO: Curah Hujan Tinggi, Bandung Barat Dilanda Longsor

Kurangnya resapan air akibat maraknya pembangunan dan aktivitas galian pasir liar sebabkan sejumlah wilayah Bandung Barat rawan longsor.

Liputan6.com, Bandung - Rentetan peristiwa longsor yang menimpa wilayah Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat hingga Kamis pagi masih terjadi. Bahkan, sejumlah rumah kembali diterjang longsor dan sempat menimbun 2 orang warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (24/11/2016), keluarga Dayat Ruhiat, warga kampung Cibarengkok pasrah mendapati rumahnya hancur diterjang longsor. Tebing setinggi 150 meter yang berada di samping rumah runtuh setelah sebelumnya diguyur hujan.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, meski Dayat yang berusia 78 tahun dan istrinya sempat tertimbun tanah longsor. Korban dilarikan ke klinik kesehatan terdekat karena menderita luka memar di wajah.

Selain curah hujan tinggi, berkurangnya resapan air karena maraknya pembangunan dan aktivitas galian pasir liar menyebabkan sejumlah wilayah Bandung Barat rawan pergerakan tanah dan longsor.

Kini sebagian korban longsor memenuhi tenda pengungsian yang didirikan BPBD Bandung Barat bergabung bersama warga tanah Kampung Cikatomas yang menjadi korban tanah bergerak. Sebelumnya, peristiwa longsor terparah menimpa kawasan Jalan Kolonel Masturi, Lembang, hingga merenggut 4 korban jiwa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.