Sukses

Sosok Minggu Ini: Harmawati, Sang Perintis Sekolah Anak Nelayan

Harmawati bertekad akan terus mengentaskan buta huruf bagi warga Pulau Burung.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Burung, Desa Pulau Panjang Simpang Empat, Kalimantan Selatan, dihuni 66 kepala keluarga yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Pulau ini ditempuh selama 30 menit menggunakan speed boat, dari Kabupaten Kota Tanah Bumbu.

Pagi baru menjelang, dengan penuh semangat, anak-anak menuju ke sekolah, meski sekolah mereka hanyalah sebuah gubuk sederhana. Inilah sekolah gratis bagi anak-anak nelayan.

"Merasa kasihan sama anak-anak nelayan di sini dan juga anak saya sudah umur 8 tahun belum bisa baca tulis, saya terpikir bagaimana caranya saya bisa mendirikan sekolah anak apa adanya, yang penting bisa baca tulis dan tanda tanya," ujar Harmawati.

Harmawati, seorang ibu rumah tangga yang mendirikan sekolah gratis bagi anak nelayan. Sebanyak 30 anak nelayan belajar di sekolah gratis ini. Harmawati dibantu tiga guru relawan.

Tidak hanya mengajarkan anak-anak di sekolah, wanita berusia 60 tahun ini juga memberdayakan warga sekitar untuk berwirausaha.

"Pengalaman beliau itu, maka beliau itu sangat gigih membangun salah satu sarana pendidikan. Alhamdulillah saat ini Pulau Burung ini sudah memiliki SD Negeri," kata Haji Alimuddin, tokoh masyarakat Pulau Burung.

20 Tahun sudah sekolah anak nelayan ini berdiri.

"Pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu banyak, ada yang bilang 'ah bagus kandang ayamku di sana daripada sekolahan di sini', sabar, yang penting saya tidak pernah minta sama kamu, walaupun bagaimana saya berusaha, yang penting tujuan saya tercapai. Ada tujuh orang yang membantu, selebihnya itu saya sendiri, biaya pribadi sendiri," jelas Harmawati.

Ketekunan dan kesabaran Harmawati pun berbuah manis.

"Suka sekali, seperti menulis, membaca, mengenal alam. MTK dan pelajaran bahasa Indonesia (pelajaran yang disuka)," kata Rahmat, siswa yang juga anak nelayan.

Harmawati bertekad akan terus mengentaskan buta huruf bagi warga Pulau Burung.

"Bersekolah setinggi-tingginya, supaya mereka bisa kembali ke tempatnya membangun desa ini, supaya bisa lebih maju," harap Harmawati untuk anak didiknya.

Saksikan selengkapnya kisah Harmawati membangun sekolah anak nelayan dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (27/11/2016) di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.