Sukses

VIDEO: Aa Gym Berangkatkan 10 Ribu Santri untuk Demo 2 Desember

Gubernur Jawa Barat bersama Kapolda dan Pangdam III Siliwangi sempat menyambut para peserta aksi dan memfasilitasi pengamanan peserta.

Liputan6.com, Bandung - Sebagian peserta aksi damai 2 Desember sudah tiba di Jakarta. Sementara ribuan peserta lain tengah dalam perjalanan termasuk dengan berjalan kaki.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (30/11/2016), pelajar, pegawai juga warga menyambut sekitar 1.500 santri dan warga yang berjalan kaki dari Ciamis menuju Jakarta untuk mengikuti aksi damai 2 Desember di tepi jalan bypass Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Ada kesedihan saat warga menyambut rombongan santri ini. Sebagai dukungan, warga memberi bantuan logistik berupa makanan, minuman dan obat-obatan.

Para santri dan ulama terus berjalan hingga kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat dan beristirahat di wilayah Cipacing. Dengan sisa perjalanan menuju Jakarta masih berjarak lebih dari 180 kilometer, penanggung jawab aksi GNPF MUI Ciamis memutuskan melanjutkan perjalanan dengan bus.

Gubernur Jawa Barat bersama Kapolda dan Pangdam III Siliwangi sempat menyambut para peserta aksi dan memfasilitasi pengamanan peserta hingga tiba di Jakarta.

Selain itu, Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung, Haji Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym akan memberangkatkan 10 ribu santrinya untuk berdoa meminta keadilan proses hukum kasus penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama dan persatuan bagi negeri.

"Besok insya Allah 10 ribu ke Jakarta, karena 5 ribu Bandung, 5 ribu Jakarta. Kan bagus kalau besok berkumpul banyak dengan niat baik dan bisa menunjukkan walaupun hati terluka tapi tetap akhlak terjaga," ujar Aa Gym.

Sementara itu, sejumlah peserta aksi 2 Desember lainnya berasal dari Palu dan Makassar, mereka menginap di masjid Al Ihsan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Begitu juga di Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara yang sudah kedatangan santri dari Jawa Barat. Selasar masjid disediakan untuk tempat menginap.

Islamic Center Kiai Noer Alie, Kota Bekasi, Jawa Barat, juga sudah menyediakan tempat istirahat dan titik kumpul bagi peserta aksi damai 2 Desember dari daerah lain di Jawa Barat sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Selain tempat istirahat dan ibadah, ICMI juga menyiapkan makanan dan layanan medis bagi peserta aksi.

Puluhan, bahkan mungkin ratusan ribu umat Islam dari seluruh Indonesia akan berkumpul dalam aksi damai di kawasan Monas, Jumat 2 Desember 2016. Tujuan mereka menuntut gubernur nonaktif Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dihukum karena diduga menistakan Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.