Sukses

VIDEO: Kala 1 Juta Jemaah Aksi Damai 2 Desember Padati Monas

Sejumlah ulama bergantian memberikan tausiyah atau nasihat di depan sekitar satu juta peserta aksi damai 2 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Massa aksi damai 2 Desember terus berdatangan ke kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat pagi. Sebagian massa datang dengan berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (2/12/2016), menjelang siang, Monas sudah tidak sanggup lagi menampung massa yang terus mengalir, sehingga umat Islam yang hendak melakukan salat jumat menggelar sajadah di sekitar Monas, seperti di kawasan patung kuda.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sempat berpidato di depan massa, terkait penuntasan kasus dugaan penisaan agama dengan tersangka Ahok.

Sejumlah ulama juga bergantian memberikan tausiyah atau nasihat di depan sekitar satu juta peserta aksi. Di antaranya ustaz Arifin Ilham dan Aa Gym yang meminta umat Islam bersikap santun.

Saat massa bersiap melaksanakan salat jumat, di Istana merdeka, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersiap menuju Monas. Dengan memegang sendiri payung, mereka berjalan kaki di bawah pengawalan ketat pasukan Paspampres untuk mengikuti salat jumat bersama jutaan peserta aksi damai 2 Desember.

Bersama Wapres Jusuf Kalla, Panglima TNI, Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin naik ke atas panggung. Di depan massa, presiden menyampaikan terima kasih atas doa dan zikir yang sudah dipanjatkan.

Presiden kemudian mengikuti salat Jumat bersama sekitar satu juta umat Islam lainnya. Meski hujan yang cukup deras terus mengguyur kawasan Monas dan sekitarnya, salat berlangsung khusuk dan tertib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.