Sukses

VIDEO: Harapan Penyandang Disabilitas kepada Pemerintah

Hanya sebagian kecil penyandang disabilitas yang mendapat perhatian dari pemerintah.

Liputan6.com, Jember - Ratusan penyandang disabilitas di Jember, Jawa Timur, menyambut peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember dengan menggelar aneka lomba.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (3/12/2016), kawasan alun-alun Kota Jember dipadati oleh ratusan penyandang disabilitas mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mereka mengikuti lomba senam yang diadakan khusus untuk menyambut peringatan Hari Disabilitas Internasional.

Selain senam, sejumlah lomba lain juga digelar, seperti lomba mewarnai, memasak, hingga menyanyi. Keterbatasan fisik sama sekali tidak mengurangi antusias mereka dalam mengikuti lomba.

Menyambut Hari Disabilitas Internasional ini, mereka berharap pemerintah memberi kesempatan yang sama kepada kaum difabel terutama dalam hal pendidikan dan lapangan pekerjaaan.

Sebagai bentuk dukungan, pemerintah Kabupaten Jember sendiri telah mensahkan peratuan daerah yang khusus mengatur tentang perlindungan dan hak para penyandang difabel.

Berdasarkan data dari dinas sosial, saat ini jumlah kaum difabel di Jember mencapai 4.000 orang, namun hanya sebagian kecil saja yang mendapat perhatian dari pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.