Sukses

VIDEO: Purwakarta Bangun Desa Monyet

Pemkab Purwakarta juga akan menanam buah lain di area seluas 18 hektare, sebagai habitat monyet liar.

Liputan6.com, Purwakarta - Serangan ratusan monyet liar ke perkampungan warga di Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat, membuat warga marah. Warga pun sempat merencanakan untuk memburu para monyet tersebut.

Namun hal ini urung dilakukan, karena Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melarang adanya aktivitas perburuan dan pengusiran primata liar ini. Demikian ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (7/12/2016).

Sebagai solusi, bupati mengumpulkan 16 orang warga untuk ditugaskan memberi makan monyet liar dan menjaganya agar monyet liar tidak masuk ke dalam rumah warga.

Pemkab Purwakarta sendiri mengakui, migrasi ratusan ekor monyet liar di sekitar Kampung Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, dipicu rusaknya habitat di kawasan hutan Danau Jatiluhur, akibat ulah manusia.

Untuk menjaga kesinambungan, Pemkab Purwakarta akan menjadikan Kampung Jatimekar, sebagai kawasan wisata desa monyet.

Selain memberikan buah pisang, Pemkab Purwakarta juga akan menanam buah lain di area seluas 18 hektare, sebagai habitat monyet liar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.