Sukses

Sosok Minggu Ini: Kai, Kakek yang Pantang Pulang Sebelum Padam

Kai Untung Noor adalah sosok di balik keberhasilan Unit Pemadam Kebakaran Swadaya Penjelajah.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Pemadam Musibah Kebakaran atau PMK, itulah pilihan hidup kakek warga Kompleks Bumi Pertiwi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bukan ajang unjuk keberanian, apalagi sekedar menuai pujian, namun hanya niatan memberi manfaat bagi kemanusiaan.

Berawal dari peristiwa di tahun 1986, saat Kai Untung Noor yang bekerja sebagai tukang ojek mengantarkan penumpangnya dan melihat kejadian kebakaran hebat.

Kai Untung Noor adalah sosok di balik keberhasilan Unit Pemadam Kebakaran Swadaya Penjelajah.

Tahun 2004, dengan uang pribadi, Kai membeli mobil bekas dan peralatan pemadam kebakaran. Kini sudah ada 3 unit mobil PMK dan 39 relawan yang siap membantu. Tanpa di pungut biaya.

Meski terbiasa menjinakkan si jago merah, namun tak jarang para relawan harus bertaruh nyawa dalam bertugas. Dengan semangat, pantang pulang sebelum padam.

Kota Banjarmasin memiliki potensi kebakaran yang sangat besar, berdasarkan data Dinas Kebakaran setempat, setiap tahunnya musibah kebakaran bisa menembus angka 100 kejadian yang disebabkan arus pendek listrik dan kelalaian manusia.

Tak heran unit pemadam kebakaran, swadaya atau swasta menjadi kebutuhan yang sangat penting

Bisa terus membantu dan berguna bagi orang lain adalah harapan kakek 2 cucu ini.

Saksikan perjuangan Kakek Kai memadamkan si jago merah dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (11/12/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.