Sukses

VIDEO: Inovasi Sido Muncul Ciptakan Energi dari Eceng Gondok

PT Sido Muncul menjadikan eceng gondok sebagai energi baru pengganti minyak dan gas.

Liputan6.com, Semarang - Populasi eceng gondok yang tidak terkendali menjadi persoalan di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (20/12/2016), kondisi ini mengilhami PT Sido Muncul untuk menjadikan eceng gondok sebagai energi baru sebagai pengganti minyak dan gas.

Perusahaan jamu ini memanfaatkan tumbuhan eceng gondok yang banyak ditemukan di danau. Mereka mengajak pemerintah menjadikan eceng gondok menjadi sumber energi baru dengan mengubahnya menjadi briket berbentuk pelet.

Proses pembuatan briket berbahan eceng gondok ternyata cukup sederhana. Bahan baku yang ada terlebih dulu dihancurkan atau dicacah. Kemudian dikeringkan selama 20 menit di dalam mesin pengering. Baru setelah itu dicetak sehingga briket berbentuk pelet siap digunakan sebagai bahan bakar. 

Namun yang lebih utama, bagaimana menjaga sumber air agar tetap bersih dari eceng gondok. 

"Di seluruh Indonesia, eceng gondok itu jadi  problem. Maka itu kalau eceng gondok ini hilang, itu sebenarnya menyelamatkan sumber air, pariwisatanya tumbuh. Sebab pariwisata yang paling disukai orang itu pariwisata air," ujar Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Perekonomian warga diharapkan bisa meningkat jika Danau Rawa Pening bersih dari populasi eceng gondok. Selain bisa digunakan untuk memelihara ikan, danau juga bisa menjadi tempat wisata yang nyaman sekaligus banyak membuka lowongan pekerjaan untuk warga.

Saksikan tayangan video selengkapnya di tautan ini

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.