Sukses

VIDEO: Banjir Bandang Ekstrem Melanda Bima NTB

Banjir yang disertai hujan ekstrem lebat ini melanda sejumlah Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Sumbawa.

Liputan6.com, Jakarta Banjir bandang masih merendam wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat dan Sekitarnya. Banjir besar ini menyebabkan aliran listrik terputus dan komunikasi menjadi terhambat.  Volume hujan yang lebat serta dipicu badai tropis yang menyapu Bima, membuat air keruh ikut mengamuk di sepanjang jalan permukiman warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis(22/12/2016), ditengah Ketakutan dan suara tangisan, seorang warga sempat merekam detik-detik dahsyatnya banjir bandang Bima. Dalam video dan foto-foto tersebut tampak banjir merendam hingga seleher orang dewasa, merendam perumahan warga hingga membuat jalan dan jembatan rusak.

Selain itu, banjir yang disertai hujan ekstrem lebat ini juga melanda sejumlah Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Sumbawa. Satu jembatan negara dan dua jembatan desa di dua wilayah ini putus akibat banjir.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), penyebab banjir terjadi karena badai Siklon Tropis Yvette yang memicu hujan ekstrem sejak Selasa pagi hingga Rabu pagi. Selain itu, topografi Kota Bima yang berada di cekungan membuatnya langsung dikepung banjir bandang hingga meluas ke daerah sekitarnya. (Ridho Insan Putra) 

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.