Sukses

VIDEO: Suasana Natal Umat Kristiani di Kota Bertella Irak

Umat kristiani di Kota Bartella, Irak, akhirnya bisa merasakan perayaan Natal dengan tenang tanpa gangguan teror dari kelompok radikal ISIS.

Liputan6.com, Bertella - Umat kristiani di Kota Bartella, Irak, akhirnya bisa merasakan perayaan Natal dengan tenang tanpa gangguan teror dari kelompok radikal ISIS. Ratusan jemaat pun sangat khidmat mengikuti prosesi misa malam Natal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (25/12/2016), pemerintah meningkatkan status keamanan di Bartella dalam level siaga. Sebab wilayah ini berpotensi mendapat ancaman teror.

Wilayah yang terletak sekitar 21 kilometer bagian timur Kota Mosul tersebut pernah diserang dan dikuasai militan ISIS pada 2014.

Sementara di Bethlehem, perayaan malam Natal yang dipusatkan di Kompleks Manger Square berlangsung meriah. Pohon Natal serta aneka ornamen lampu yang menghiasi tiap sudut bangunan menarik perhatian para pengunjung.

Wisatawan atau jemaat juga bisa membeli suvenir pernak-pernik Natal yang dijual oleh pedagang keliling. Tiap tahun menjelang Natal, Manger Square selau ramai didatangi ribuan umat kristiani, baik domestik maupun mancanegara.

Di sini terdapat sebuah gereja bersejarah. Umat Kristiani meyakini gereja tersebut sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus.

Selain itu suasana keceriaan Natal juga tampak di wilayah Chacarrilla, Peru. Wilayah dekat Ibu Kota Lima ini selalu menggelar acara tahunan, pertunjukan lampu natal.

Hampir di tiap sudut kota baik taman, perkantoran, pusat perbelanjaan hingga persimpangan jalan dihiasi berbagai bentuk lampu yang variatif. Kegiatan ini merupakan inisiatif masyarakat yang ingin menyemarakkan malam Natal dengan penuh kebahagaian dan kedamaian.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.