Sukses

Destinasi: Alam, Kain Tais dan Kopi Timor Lorosae

Liputan6.com, Dili - Timor Leste dulu adalah provinsi ke-27 Indonesia, sebelum akhirnya merdeka pada 20 Mei 2002. Banyak cerita perjuangan mengukir sejarah Timor Lorosae atau Negeri Matahari Terbit itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (7/1/2017), ibu kota Timor Leste terletak di Kota Dili. Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Timor membuat Dili memiliki destinasi wisata pantai yang indah.

Kota Dili sendiri relatif sepi. Tak banyak lalu lalang orang. Namun sebagai bekas jajahan Portugis, Kota Dili menyimpan banyak sekali jejak peninggalan Portugis. Salah satunya adalah arsitektur bangunan Kantor Gubernur Timor Leste.

Mau tahu budaya asli Timor Leste? Kita mampir yuk ke Pasar Tais. Di sini kita bisa melihat koleksi kain tais seni tenun turun-temurun warga Timor Leste.

Hal yang menarik, kain tais ini mulai dipopulerkan oleh diva Indonesia Krisdayanti. Sang suami yang merupakan pengusaha asli Timor Leste ingin membawa tais ke dunia internasional.

Tais tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti super model Indonesia mulai dari Laura Muljadi, Kelly Tandiono, Luna Maya dan Raline Shah terlihat glamor dalam balutan tais. Keberadaan tais printing diharapkan bisa menunjang perekonomian warga Timor Leste.

Nah, bila sudah menginjak tanah Dili tak lengkap rasanya bila tak mencicipi kopi Timor yang sudah tersohor hingga mancanegara.

Kopi bagi orang Timor Leste adalah lambang persaudaraan yang lebih nikmat bila diseduh di rumah. Itulah mengapa di sini tak ada kedai kopi.

Ciri khas kopi Timor lebih pekat, aromanya kuat dan ampasnya cepat turun. Jadi, kalau Anda melancong ke sini jangan lupa membawa kopi Timor Leste sebagai oleh-oleh.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

Artikel Selanjutnya
Atambua Siapkan Atraksi Desa Fatubesi untuk Menggoda Timor Leste
Artikel Selanjutnya
Destinasi: Keindahan Terpendam di Pulau Rote NTT