Sukses

VIDEO: Cabai Rawit Super Dijual Rp 250 Per Buah di Banjarnegara

Bahkan pedagang menjual cabai dalam bentuk kemasan paket hemat.

Liputan6.com, Banjarnegara - Cabai sebagai bumbu dapur tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Tingginya harga cabai di pasaran berdampak pada berkurangnya pendapatan pedagang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (10/1/2017), di Banjarnegara, Jawa Tengah, harga cabai terus meningkat antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per hari.

Harga cabai rawit merah super di pasar tradisional Banjarnegara kini mencapai Rp 100 ribu per kilo gram. Padahal sebelumnya dijual seharga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo gram.

Untuk mensiasati agar tidak terus-terusan merugi, pedagang terpaksa menjual cabai seharga Rp 250 per biji.

Berbeda dengan pedagang di Salatiga, Jawa Tengah. Agar tetap dapat memenuhi permintaan pembeli dan tidak merugi, pedagang menjual cabai dalam bentuk kemasan paket hemat.

Pembeli tidak punya pilihan selain membeli cabai paket hemat yang ditawarkan oleh pedagang ini.

Sementara itu, sebagai pilihan pengganti cabai merah super, pedagang di Mataram, Nusa Tenggara Barat, menawarkan cabai kering pada pembeli yang dijual seharga Rp 80 ribu per kilogram.

Pedagang berharap, pemerintah dapat segera menstabilkan harga cabai di pasaran dan mengembalikan daya beli masyarakat.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.