Sukses

VIDEO: Tangis Haru Pecah di Panggung Pidato Perpisahan Obama

Obama menyampaikan terima kasih pada istrinya, Michelle Obama, dan anak-anaknya juga kepada wakil Presiden Joe Biden.

Liputan6.com, Chicago - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan pidato perpisahannya di Gedung Mccormick Place, Chicago. Di sinilah dia menyampaikan pidato kemenangannya pada pemilihan presiden 2012 lalu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (11/1/2017), dalam pidatonya, Obama menyinggung pencapaiannya selama 8 tahun berkantor di Gedung Putih. Dari masalah asurani kesehatan, penanganan terorisme, hingga penutupan penjara Guantanamo.

Obama juga menegaskan sikapnya yang menolak diskriminasi terhadap umat Muslim di Amerika, dan tetap menjaga kebebasan dan hak-hak sipil.

Obama tak menutupi rasa haru ketika menyampaikan terima kasih pada sang istri, Michelle Obama dan anak-anaknya juga kepada wakil Presiden Joe Biden.

"Michelle Lavaughn Robinson, selama 25 tahun terakhir, kau telah menjadi bukan cuma istri dan ibu dari anak-anaku, tetapi juga sahabat terbaikku. Kau menerima peran yang tak kau minta dan menjalankannya dengan anggun, tabah, dan penuh corak dan humor," kata Obama dalam pidato perpisahannya di Gedung Mccormick Place, Chicago.

"Kau membuat Gedung Putih menjadi sebuah tempat bagi semua orang, dan generasi baru menetapkan target mereka lebih tinggi karena ada kau sebagai panutan. Kau membuatku bangga, kau membuat negeri ini bangga," tambah Obama.

Barack Hussein Obama, dari Partai Demokrat jadi Presiden Amerika Serikat ke-44 dan menjabat selama 2 periode. Yaitu 2009 hingga 2013, setelah mengalahkan John Mccain. Periode kedua 2013-2017 setelah mengalahkan Mitt Romney.

Pada pemilihan presiden November 2016 lalu yang dimenangi Donald Trump, Obama mendukung kandidat separtainya. Donald Trump akan dilantik sebagai presiden pada 20 Januari 2017 mendatang.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.