Sukses

VIDEO: Miris, Begini Sekolah Kandang Ternak di Mamasa

Dalam sekolah yang sangat sederhana itu terdapat enam ruang kelas yang masing-masing berukuran 1,5 x 4 meter.

Liputan6.com, Mamasa - Berdinding bambu yang sudah lapuk dan berlantai tanah. Begitulah kondisi ruang kelas sebuah sekolah dasar (SD) 014 Tallang Bulawan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (13/1/2017), dalam sekolah yang sederhana itu terdapat enam ruang kelas yang masing-masing berukuran 1,5 x 4 meter. Ruang tersebut menjadi tempat menimba ilmu sejumlah siswa yang diajar oleh enam guru.

SD 014 Tallang Bulawan dibangun sejak enam tahun lalu. Pembangunannya  dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar, yang membutuhkan tempat menimba ilmu bagi putra-putri mereka.

Hingga kini pemerintah setempat belum tergerak memberikan bantuan. Selain sederhana dan tidak layak disebut sekolah, tempat belajar-mengajar itu juga kerap dijadikan kandang ternak warga bila malam hari.

Masih sering ditemuinya fasilitas pendidikan tak layak sepatutnya menjadi perhatian pemerintah. Sebab, fasilitas sekolah yang baik tentu akan menunjang prestasi para siswa didik.

Kondisi memprihatinkan SD 014 Tallang Bulawan merupakan potret nyata. Kesenjangan dunia pendidikan di Tanah Air masih mengaga lebar.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.