Sukses

VIDEO: Mahasiswa Korea Belajar Gotong Royong di Kulonprogo

Para mahasiswa Korea antusias mencoba hal-hal baru yang tidak dapat ditemui di negara asal mereka.

Liputan6.com, Kulonprogo - Dikemas dalam program volunteer, para mahasiswa dari Universitas Hanseo Korea mengikuti paket wisata minat khusus, interaksi dengan warga sekitar dengan beragam kegiatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (16/1/2017), para mahasiswa antusias mencoba hal-hal baru yang tidak dapat ditemui di negara asal mereka.

Bersama warga, mereka ikut menyiangi rumput liar di sekitar jalan desa, belajar mengelupas kulit kelapa, membetulkan genteng yang pecah, hingga memberi pakan kepada hewan ternak.

Kunjungan ke negara ketiga ini mengingatkan para mahasiswa Korea tentang aktivitas nenek moyang mereka sebelum maju pesat seperti saat ini.

Masyarakat Indonesia masih mau gotong-royong, saling menyapa bahkan makan bersama secara sederhana.

Tak sedikit mahasiswa asal negeri ginseng ini kesulitan menyesuaikan diri dengan cuaca di Indonesia yang panas dan lembab. Yang tentunya berbeda dengan iklim di Korea yang dingin.

Wisata minat khusus merupakan pengembangan dari program volunteer untuk warga kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata minat khusus ini untuk mengetahui kebiasaan warga lokal, namun baru kali kedua dilakukan untuk mahasiswa asing. Sedangkan program volunteer ini sudah berjalan belasan tahun berupa bantuan tenaga medis dan kesehatan yang diawali dengan gempa di Bantul.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.