Sukses

Sosok Minggu Ini: Kiswanti Sang Penggagas Perpustakaan Warabal

Bagi Kiswanti mencerdaskan kehidupan bangsa ternyata bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana.

Liputan6.com, Bogor - Bagi Kiswanti mencerdaskan kehidupan bangsa ternyata bisa diwujudkan dengan cara yang sederhana. Berawal dari tumpukan bacaan koleksi buku miliknya, ibu dua anak itu kemudian terbersit untuk memanfaatkan bagi kepentingan sesama. Terutama, warga di tempatnya tinggal di Desa Lebak Wangi, Parung, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (22/01/2017), dengan sepeda ontel dan beberapa buku koleksinya, Kiswanti mencoba berkeliling kampung. Inilah yang dapat ia perbuat untuk mencerdaskan orang di sekitarnya.

"Saya suka membaca, kenapa hal ini saya lakukan karena saya ingin berbuat sesuatu kepada orang lain dari yang saya suka," kata Kiswanti.

Buku adalah gudang ilmu. Pemahaman inilah yang mendorong Kiswanti untuk menyebarkan virus minat baca melalui sebuah taman bacaan yang didirikan di teras rumahnya.

"Pernah menjadi pembantu rumah tangga dan begitu saya menikah tahun 87 saya pun berjualan jamu menambah koleksi buku," kenang Kiswanti.

Meski demikian, niat kiswanti menyebarkan minat baca tak semudah dibayangkan. Namun jerih payah Kiswanti berbuah manis dengan penerimaan baik dari masyarakat.

"Sumber inspirasi buat saya. Dengan budaya membaca bukunya, disiplinnya, kerja kerasnya dan itu pun saya coba terapkan di diri saya," tutur Hajir warga Desa Lebak Wangi.

Kini, sebuah perpustakaan sederhana dibuka di ruang tamunya dengan 9 ribu buku koleksi dan dibantu tujuh relawan. Kisawanti sang penggagas Perpustakaan Warabal berharap dengan berbagi bisa mencerdaskan setiap anak bangsa.

"Banyaklah membaca, dari membaca akan banyak yang kamu peroleh pengetahuan. Bahkan dari membaca Insya Allah kamu akan bisa mewujudkan cita-citamu," pungkas kiswanti.

Saksikan kisah Kiswanti mendirikan Perpustakaan Warabal dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (22/1/2017) dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.