Sukses

Kilas Pilkada: KPUD Berdayakan Warga Rakit Kotak Suara Pilkada

Liputan6.com, Banjarnegara - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banjarnegara, Jawa Tengah, kebut persiapan logistik kotak suara. Salah satunya adalah dengan mengerahkan puluhan warga untuk merakit kotak suara pilkada.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (22/1/2017), upah untuk merakit setiap kotak suara diberikan sebesar Rp 2.250. Rata-rata setiap orang dapat merakit 40 hingga 50 kotak suara selama empat hari.

Di Yogyakarta, guna menekan angka golongan putih (golput), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta mempersiapkan tiga kali debat pasangan calon walikota dan wakil walikota. Yaitu dua kali debat pada Januari dan satu kali pada Februari mendatang.

Agar berjalan lancar, debat publik dilakukan dengan aturan ketat, salah satunya membatasi jumlah pendukung paslon dan larangan membawa spanduk.

Sementara di Bali, KPU Buleleng, menggelar sosialisasi pilkada serentak kepada masyarakat Minggu pagi (22/1/2017. Sosialisasi bertujuan untuk menekan angka golput, dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buleleng.

KPU menargetkan partisipasi pemilih dalam pilkada serentak di Februari mendatang mencapai 85 persen.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.