Sukses

VIDEO: Heboh Gambar Palu Arit di Buku Kisi-Kisi UN SMA Ciamis

Liputan6.com, Ciamis - Protes adanya gambar palu arit dalam buku kisi-kisi ujian nasional mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA Negeri 1 Kawali di Ciamis, Jawa Barat ditindaklanjuti pihak distributor dengan menarik seluruh buku dari sekolah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (24/1/2017), dibantu pihak SMA Negeri 1 Kawali, distributor buku pembahasan soal mata pelajaran Bahasa Inggris mengemas buku-buku yang sempat menuai protes.

Buku kisi-kisi atau pembahasan soal mata pelajaran Bahasa Inggris berjudul New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN itu diterima pihak sekolah pada awal tahun ajaran semester genap untuk para siswa kelas 3.

Dalam salah satu materi membahas soal komunisme. Gambar palu arit yang terdapat dalam buku menuai protes sejumlah pihak. Pihak sekolah menilai materi pelajaran tentang komunisme dianggap tidak layak untuk siswa SMA.

"Salah, tidak boleh. Tidak tahu ini isinya apa, ini ada gambar palu arit. Yang saya takutkan nanti disalahgunakan oleh anak-anak. Makanya saya stop tidak diperbolehkan untuk diedarkan dan diinformasikan ke anak-anak," ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Kawali, Darmawan.

Terkait temuan ini, kantor penerbit PT Masmedia Buana Pustaka di wilayah Tropodo, Waru, Sidoarjo menutup diri. Sejumlah petugas keamanan disiagakan di pintu masuk kantor dan melarang siapa pun masuk ke dalam kantor kecuali karyawan.

Materi pembahasan yang dilengkapi gambar palu arit itu pertama kali ditemukan guru Bahasa Inggris. Temuan itu lalu diteruskan dengan melaporkan pihak terkait, termasuk kepolisian setempat.

 

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.