Sukses

VIDEO: Netralitas Moderator Jelang Debat Pilkada DKI Putaran 2

Salah satu fakta integritas adalah menjaga netralitas dan profesionalitas.

Liputan6.com, Jakarta - Dua moderator debat pilkada DKI Jakarta Eko Prasojo dan Tina Talisa menyatakan siap memandu jalannya debat putara kedua ini. Keduanya menyatakan tidak berpihak pada setiap pasangan calon. Termasuk, tidak ada komunikasi dengan tim pemenangan dari ketiga cagub-cawagub.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (27/1/2017), kedua pasangan ini sangat menjunjung netralitas dalam debat nanti malam. 

"Salah satu fakta integritas adalah menjaga netralitas dan profesionalitas. Dan tidak membocorkan pertanyaan kepada siapapun. Kami melepas diri dari pasangan calon dan tim sukses," ujar Tina Talisa.

Kondisi yang serupa juga terjadi dengan moderator Eko Prasojo. Dia mengungkapkan, tidak ada satupun dari pasangan calon dan tim sukses yang menghubunginya.

Debat kedua jelang pilgub DKI resmi digelar Jumat malam nanti menghadirkan format baru untuk moderator menjadi dua orang. Pada debat kali ini pihak KPU DKI menunjuk Profesor Eko Prasojo dan Tina Talisa.

Keduanya didapuk KPU DKI Jakarta memandu pertarungan visi dan misi tiga Cagub DKI. Debat kali ini bertema reformasi birokrasi dan pelayanan publik dan pengelolaan kawasan perkotaan.

Menggantikan Ira Koesno, dua moderator Tina Talisa dan Eko Prasojo akan memandu debat yang durasinya akan lebih panjang dari debat pertama. KPUD DKI Jakarta menetapkan durasi debat menjadi 120 menit bertambah 30 menit dari debat pertama.

Durasi pada bagian interaktif antarcalon akan lebih banyak. KPUD juga membolehkan masing-masing kubu membawa 120 pendukung.

KPUD mewanti-wanti setiap pasangan calon dilarang menyerang masalah pribadi calon lain. Debat Cagub DKI 2017 akan disiarkan sejak pukul 19.30 WIB yang ditayangkan langsung oleh 12 stasiun televisi termasuk SCTV

Simak tayangan selengkapnya dalam tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.