Sukses

VIDEO: Efek Kebijakan Trump, Warga Suriah Gagal Bertemu Keluarga

Trump membantah bila larangan itu ditujukan untuk umat Islam.

Liputan6.com, New York - Perintah Presiden Donald Trump menghentikan sementara program pengungsi Suriah dan masuknya warga dari tujuh negara mayoritas muslim ke Amerika Serikat memicu unjuk rasa di berbagai kota.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (30/1/2017), ribuan orang berunjuk rasa di Bandara Internasional Los Angeles sehingga memaksa polisi menutup salah satu ruas jalan di depan terminal domestik.

Sebagai dampak kebijakan Trump, warga Suriah yang hendak berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat untuk bergabung bersama keluarganya tak diperbolehkan naik ke pesawat di Bandara Internasional Ataturk Istanbul, Turki.

Nail Zion yang baru mendapat visa AS pada Jumat 27 Januari 2017 gagal berangkat padahal istri dan putranya telah tinggal di Los Angeles selama dua tahun. Trump membantah bila larangan itu ditujukan untuk umat Islam.

Sementara itu menanggapi kebijakan imigrasi Trump, Presiden Joko Widodo menyatakan kebijakan tersebut tidak menimbulkan dampak bagi WNI. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk tetap tenang.

Sebelumnya Kemenlu meminta WNI yang ada di Amerika Serikat agar tetap menghormati hukum setempat dan ikut menjaga ketertiban umum di lingkungan masing-masing.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Perwakilan di Washington DC Chicago, Houston, Los Angeles, New York dan San Francisco mengaktifkan layanan hotline 24 jam.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.