Sukses

VIDEO: Giliran Wakil Rektor UII Mengundurkan Diri

Pengunduran diri Rektor UII Abdul Jamil dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral.

Liputan6.com, Sleman - Penjelasan terkait alasan pengunduran diri disampaikan Wakil Rektor 3 UII Yogyakarta, Abdul Jamil, di Gedung Sarjito, kompleks kampus UII Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (31/1/2017), kepada mahasiswa dan media massa, Jamil menyatakan pengunduran dirinya dilakukan atas kesadaran sendiri, tanpa tekanan dari pihak manapun.

Pengunduran diri dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban moral, menyusul meninggalnya tiga mahasiswa dalam kegiatan pendidikan dasar (diksar) Mapala di Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jamil mengaku bertanggung jawab atas kegiatan itu, karena mengizinkan dan menandatangani proposal kegiatan diksar Mapala tersebut.

Sebelumnya, pengunduran diri juga dilakukan Rektor UII Harsoyo. Dua kesalahan yang oleh Menristekdikti dianggap sebagai kesalahan Harsoyo adalah, sebagai rektor tidak mampu mengantisipasi mismanajemen yang terjadi dalam kegiatan itu.

Sedangkan kesalahan kedua, rektor UII tidak menugaskan dosen untuk ikut mengawasi kegiatan yang berisiko tinggi itu.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.