Sukses

VIDEO: Unik, Seniman asal Bali Hasilkan Musik dari Gergaji

Gergaji yang digunakan Ketut adalah gergaji kayu khusus buatan luar negeri.

Liputan6.com, Denpasar - Penggalan lagu Bengawan Solo karya maestro keroncong, Gesang, dimainkan Ketut Raditha dengan alat musik gergaji dengan suara mirip gesekan biola.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (1/2/2017), awal mula Ketut tertarik untuk memainkan alat musik yang tidak lazim ini adalah ketika ia tinggal di Kota Hiroshima, Jepang, sembilan tahun lalu. Saat itu, ia heran sekaligus kagum melihat seniman setempat memainkan alat musik dari gergaji.

Sepulangnya ke Indonesia, Ketut memutuskan untuk membeli gergaji dan belajar untuk memainkannya. Ia mengaku tidak begitu sulit baginya untuk memainkan alat musik gergaji, karena ia sudah memiliki dasar bermain alat musik gesek tradisional, yaitu rebab.

Satu-satunya tantangan ialah alat musik gergaji ini tidak memiliki nada-nada tertentu, sehingga harus menemukannya sendiri.

Gergaji yang digunakan Ketut adalah gergaji kayu khusus buatan luar negeri, karena mampu menghasilkan suara yang lebih bagus.

Hingga kini Ketut mengaku masih terus belajar untuk mengasah dan mempertajam kemampuannya dalam memainkan alat musik unik ini.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.