Sukses

VIDEO: Tur Korupsi Jadi Daya Tarik Wisata di Meksiko

Liputan6.com, Meksiko City - Ada sebuah tur unik di Kota Meksiko. Namanya The Corruption Tour atau tur korupsi. Tur ini mengantar wisatawan ke lokasi atau bangunan yang berkaitan dengan tindak korupsi di kota Meksiko.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/2/2017), tur dengan bus korupsi selama 90 menit di Meksiko City akan membawa peserta ke beberapa tempat. Salah satunya Pilar Cahaya, sebuah monumen yang menjulang seperti sepotong biskuit wafer.

Konon pembuatan monumen ini diwarnai korupsi berupa mark up harga baja, yang digunakan dalam kosntruksi senilai jutaan dolar.

Bus juga akan melewati sebuah patung berbentuk angka 43, simbol kenangan akan 43 mahasiswa sekolah guru yang hilang tahun 2014 di negara bagian Guerrero, yang kabarnya diculik oleh polisi dan pejabat lokal yang terkait kartel narkoba.

Tur bus ini dimulai pada 2014 di Kota Montterey. Berbekal donasi swasta, pekan lalu bus ini mulai menawarkan tur gratis dua kali setiap Minggu di Ibu Kota Meksiko.

Tujuannya untuk memberi wawasan pada warga mengenai korupsi di Meksiko. Saat tur, peserta diajak bercerita tentang pengalaman mereka bersentuhan dengan korupsi.

Meksiko berada di urutan 123 dari 176 negara dalam daftar korupsi transparansi internasional.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.