Sukses

VIDEO: Pelajar Sukoharjo Bakar Poster Hoax di Hari Pers Nasional

Liputan6.com, Sukoharjo - Hari Pers Nasional yang jatuh hari ini, 9 Februari 2017, diperingati dengan berbagai cara. Seperti di Sukoharjo, Jawa Tengah, para pelajar dan guru SMK Taman Siswa Sukoharjo, beramai-ramai membakar poster berita hoax atau berita bohong.

Di Tangerang, Banten, sebuah SMP memperingati Hari Pers Nasional dengan mengajak murid-murid giat membaca berita.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (9/2/2017), setiap murid diwajibkan membawa koran, membacanya, lalu merangkum berita yang dibaca. Rangkuman itu diserahkan kepada guru.

Sedang di Garut, Jawa Barat, sejumlah jurnalis memperingati Hari Pers Nasional dengan mendatangi dan menyantuni warga miskin yang mereka temukan saat menjalankan tugas jurnalistik.

Sementara itu, Puncak peringatan Hari Pers Nasional 2017 digelar di Lapangan Tantui, Ambon, Maluku, dihadiri Presiden Joko Widodo dan para pemimpin perusahaan media.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyinggung berkembangnya penggunaan media sosial, yang menyaingi media arus utama atau mainstream. Namun, media sosial jadi ajang beredarnya berita bohong atau hoax yang memicu kegaduhan dan kebencian.

Tema peringatan Hari Pers Nasional 2017 di Ambon adalah Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

 

Artikel Selanjutnya
Aksi Jalan Sehat 3 Kilometer Peringati Harkitnas di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung di Depan Siswa SD