Sukses

VIDEO: Pergerakan Peserta Aksi 112 dari Berbagai Daerah

Rombongan peserta aksi 112 mulai berangkat secara bergelombang menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan peserta aksi 112 dari Klaten, Jawa Tengah, sejak Jumat kemarin sudah mulai berangkat bergelombang menuju Jakarta. Sebelum berangkat mereka diberikan pengarahan dan pemeriksaan oleh pihak kepolisian di Masjid SMK Muhammadiyah 4 Klaten.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (11/2/2017), mereka berangkat menggunakan tiga unit bus yang direncanakan tiba di Masjid Istiqlal pada Jumat tengah malam.

Sementara di Grobogan, Jawa Tengah, rombongan peserta aksi 112 asal Jawa Timur sempat adu mulut dengan Satlantas Polres Grobogan yang tengah razia rutin. Rombongan yang menggunakan lima unit bus tersebut merasa dihambat.

Adu mulut terjadi karena izin trayek sebagian armada bus yang digunakan sudah kedaluarsa. Namun setelah ditilang, rombongan diizinkan kembali meneruskan perjalanan.

Sedangkan di Bogor, Jawa Barat, Pimpinan Muhammadiyah Cabang Kota Bogor menyatakan tidak mengikuti aksi 112 secara institusional. Namun, tak melarang warga Muhammadiyah yang memilih mengikuti aksi damai tersebut.

Ratusan peserta zikir dan tausiyah 112 di Istiqlal Jakarta juga sudah berkumpul di Stasiun Kereta Api Purwakarta sejak Jumat kemarin. Mereka memilih moda transportasi kereta api karena relatif minim hambatan dibanding bus umum.

Sementara Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir sebagai penyelenggara menegaskan, aksi ini murni adalah doa untuk keselamatan bangsa menghadapi Pilkada Serentak 2017.

Peserta warga DKI Jakarta dan sekitarnya diimbau untuk melaksanakan salat subuh di dekat rumah masing masing sebelum menuju Istiqlal. Sedangkan peserta aksi 112 dari luar kota diperbolehkan langsung menuju Istiqlal.

Simak tayangan video selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.