Sukses

VIDEO: Buntut Aksi 112 Berdampak Kemacetan di Sejumlah Titik DKI

Massa aksi 112 yang membubarkan diri memenuhi jalan Ridwan Rais, tepatnya di depan stasiun Gambir, sebabkan kemacetan panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta dipenuhi umat muslim peserta aksi 112. Aksi damai 112 digelar untuk zikir dan tausiah nasional. Membludaknya jumlah peserta bahkan membuat sebagian massa tak bisa memasuki Masjid Istiqlal. Aksi yang dihadiri sejumlah tokoh dan ulama ini berjalan tertib.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (11/2/2017), usai salat zuhur, massa berangsur membubarkan diri. Ketua FPI Rizieq Shihab juga tampak meninggalkan Masjid Istiqlal usai salat zuhur. Rizieq yang dikawal ratusan anggota FPI memasuki mobilnya dan meninggalkan masjid. Massa FPI kemudian mengawal keberangkatan mobil Rizieq.

Massa yang membubarkan diri memenuhi jalan Ridwan Rais, tepatnya di depan stasiun Gambir, Jakarta pusat. Kemacetan panjang kembali tampak dijalan ini.

Banyaknya massa aksi 112 membawa berkah bagi para pedagang di sepanjang jalan. Kemacetan juga terjadi di jalur utama Kwitang menuju Tugu Tani.

Peserta aksi 112 yang akan pulang juga memenuhi stasiun Juanda, Jakarta Pusat. Ribuan orang memenuhi stasiun mulai dari pintu masuk. Tangga masuk stasiun dipenuhi massa yang akan naik ke peron.

Petugas harus mengatur agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Massa yang pulang menggunakan kereta berasal dari wilayah Bogor, Depok dan Bekasi, Jawa Barat.

Aksi 112 berlangsung sejak Sabtu subuh di mana para peserta aksi menggelar solat subuh bersama. Acara solat subuh bersama itu juga dihadiri dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tampak duduk berdampingan mengikuti solat subuh dan zikir bersama.

Simak tayangan video massa aksi 112 selengkapnya dalam tautan ini.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.