Sukses

Sosok Minggu Ini: Harjito, Tunanetra Penggagas Paguyuban Ketoprak

Liputan6.com, Sleman - Harjito Wijanarko, pria kelahiran Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 48 tahun ini tidak saja dikenal sebagai juru pijat tetapi ia juga dikenal sebagai seniman teater dan ketoprak.

Kecintaannya akan kesenian ketoprak mendorong Harjito bersama teman-teman difabel tunanetra lainnya membentuk Paguyuban Kesenian Ketoprak Destra Budaya.

"Tunanetra ini sudah ada hiburan seperti band, dangdut itu sudah ada. Tapi kalau ketoprak itu belum ada yah " Ujar Harjito. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/2/2017).

"2002 itu saya mendirikan ketoprak di Patian Tengah nomor 16 itu namanya putra budaya. Tapi karena yang punya rumah pindah ke Jakarta jadi saya vacum dua tahun" Harjito menambahkan

Memanfaatkan waktu di sela sela rutinitas mencari nafkah, para anggota Paguyuban Ketoprak Destra Budaya rutin sebulan sekali berlatih.

Meski banyak kendala, semangat tak pernah pudar bagi anggota Paguyuban Ketoprak Destra Budaya untuk terus bertahan berkesenian.

Suratmi salah satu anggota Paguyuban Destra Budaya sangat kagum dengan suasana yang ada di paguyuban ini. Ia mengungkapkan meski para anggota paguyuban ini sulit mencari nafkah. Namun, semangat untuk belajar tetap melekat di hati mereka.

Harjito berharap usahanya ini bisa ditiru oleh tunanetra lainnya. Serta membangkitkan gairah seni untuk orang-orang banyak.

"Saya yang mempunyai kekurangan ini berharap dapat membangkitkan untuk orang-orang yang awas," Harjito menuturkan.

Keterbatasan tak menghalangi Harjito Wijanarko bersama Paguyuban Ketoprak Destra Budaya untuk terus mempertahankan seni budaya budaya Indonesia.

Simak tayangan video selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/2/2017), di tautan ini.