Sukses

VIDEO: Andy Sandness, Pasien yang Sukses Miliki Wajah Baru

Andy kini dalam proses penyembuhan setelah menerima transplantasi wajah. Wajah Andy rusak ketika ia mencoba bunuh diri.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Andy Sandness sudah menanti momen ini cukup lama ketika dokter yang mengoperasinya memberinya cermin untuk melihat wajah barunya. Meski belum bisa berbicara lancar, Andy sangat senang kini memiliki wajah yang normal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Sabtu (18/2/2017), wajah Andy rusak di usia 21 tahun. Ia mencoba bunuh diri dengan cara menembak diri sendiri di bagian wajah pada 2006 lalu.

Ia selamat setelah menjalani delapan operasi selama 4,5 bulan. Namun, kehidupan sosialnya terganggu karena wajahnya kerap membuat takut orang lain, terutama anak-anak.

Andy Sandness akhirnya ditawari program transplantasi wajah di Mayo Clinic. Persiapan dilakukan sejak 2012. Namun, operasi yang memakan waktu 56 jam baru dilakukan Juni 2016 lalu.

Bagian wajah yang dipindahkan dari donor ke wajah Andy adalah tengkorak rahang bawah dan rahang atas, termasuk gigi geligi hingga ke pipi dan hidung. Hanya bagian mata dan dahi yang merupakan bagian wajah asli Andy.

Andy kini dalam proses penyembuhan setelah menerima transplantasi wajah. Andi menerima tengkorak rahang tersebut dari donor bernama Calen Ros yang tewas tertembak. Selain wajah, mendiang Ross juga mendonorkan seluruh organ tubuhnya.

Simak tayangan video Operasi Wajah selengkapnya dalam tautan ini.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.