Sukses

VIDEO: Jokowi Serahkan Negosiasi Freeport ke Menteri Jonan

Menurut Jokowi, jika negosiasi sulit dilakukan maka dia akan mengambil sikap.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Mimika menyiagakan sekitar 200 anggotanya untuk mengantisipasi unjuk rasa seribuan karyawan PT Freeport Indonesia yang telah di PHK. Strategi pengamanan ini mengantisipasi gejolak sosial yang timbul kemudian.

"Kita memperkuat dengan pembentukan kompi kerangka dan juga peleton-peleton timdal dalmas," kata Kapolres Timika AKBP Viktor Mackbon seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (24/2/2017).

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri ESDM Ignasius Jonan masih mengadakan perundingan dengan PT Freeport. Sejauh ini orang nomor satu PT Freeport Mc Moran Inc, Richard C Adkerson menolak perubahan status kontrak karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Dengan IUPK Freeport Indonesia diharapkan melepasan 51 saham kepada pemerintah Indonesia.

"Intinya itu saja, kalau memang sulit diajak musyawarah dan sulit diajak berunding, saya akan bersikap. Tapi sekarang ini biar menteri dulu," kata Jokowi.

Namun demikian, negosiasi dengan Freeport hingga kini masih dilakukan. Bila tidak ditemukan kata sepakat, maka Arbitrase Intenasional akan menjadi salah satu opsi.

Simak tayangan video Jokowi soal Freeport selengkapnya dalam tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.