Sukses

VIDEO: Polisi Yakini Pelaku Bom Bandung Jaringan Teroris Lama

Pelaku teror bom bertujuan menarik perhatian agar polisi memenuhi tuntutannya.

Liputan6.com, Bandung - Warga Kota Bandung, Jawa Barat, dikagetkan adanya ledakan yang terjadi di salah satu sudut Lapangan Pendawa. Warga yang kaget kemudian mengejar pelaku bom Bandung yang diketahui membawa tas yang kemudian diketahui berisi bom panci.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (28/2/2017), pelaku yang melarikan diri masuk ke kantor Kelurahan Arjuna, 50 meter dari lokasi ledakan dan sempat mengancam sejumlah PNS kelurahan sebelum naik ke lantai dua kantor kelurahan. Kejadian ini sempat membakar bagian depan kantor.

Polisi yang mengepung kantor Kelurahan Arjuna pun sempat memperingatkan pelaku untuk menyerah.

Tak diindahkan, polisi baku tembak dengan pelaku selama hampir dua setengah jam dan akhirnya melumpuhkan pelaku dengan tembakan di perut.

Jenazah segera dievakuasi ke Rumah Sakit Sartika Asih Bhayangkara, Bandung, untuk diautopsi.

Dari KTP-nya, pelakunya bom Bandung bernama Yayat Cahdiat (43), warga Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Masih berdasarkan data KTP nya, Yayat sehari-hari bekerja sebagai pedagang.

Menurut Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan, Yayat Cahdiat merupakan anggota jaringan teroris lama. Belum jelas dari kelompok mana. Tapi yang jelas pelaku bertujuan menarik perhatian agar polisi memenuhi tuntutannya, yaitu pembebasan teman-temannya yang ditahan polisi.

Jenazah Yayat tiba di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin petang, 27 Februari 2017. Jenazah Yayat langsung dimasukkan ke dalam ruang instalasi forensik untuk selanjutnya dilakukan proses identifikasi serta autopsi.

Belum ada pihak keluarga yang mendampi pelaku bom Bandung, hanya anggota Polda Jawa Barat yang berjaga-jaga di sekitar ruangan jenazah.

Saksikan video aksi pelaku bom Bandung selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.