Sukses

VIDEO: Bom Bandung Tak Pengaruhi Jadwal Kunjungan Raja Salman

Sebanyak 10 ribu personil gabungan akan dikerahkan untuk memastikan keamanan Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal Jakarta terus bersolek menyambut Raja Salman bin Abdul Aziz A saud, yang rencananya akan berkunjung ke masjid ini dalam lawatannya ke Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (28/2/2017), dengan kondisi kesehatan Raja Salman yang sudah berusia 81 tahun, sejumlah fasilitas tambahan sudah disiapkan. Mulai dari lift khusus, karpet baru, juga toilet dan tempat wudhu dengan pagar penyangga yang terletak di ruang pertemuan masjid.

Dalam kunjungan yang akan berlangsung selama 30 menit ini, rombongan Raja Salman juga akan melaksanakan solat tahyatul masjid.

Sementara itu 10 ribu personil gabungan akan dikerahkan untuk memastikan keamanan Raja Salman selama kunjungan di Jakarta, Bogor, Jawa Barat dan Bali.

Usai bertemu dengan Wakapolri, Duta Besar Arab Saudi menyatakan teror bom yang terjadi di Bandung tak mempengaruhi jadwal kunjungan Raja Salman.

"Saya mengakui kemampuan aparat kemanan di Indonesia. Kepercayaan Saya makin bertambah dengan kejadian aksi teror di Bandung yang bisa dilumpuhkan dalam dua jam. Saya sangan mengapresiasi kerja kepolisian indonesia," pungkas Osama bin Muhammad Abdullah Al-shuaibi, Dubes Arab Saudi di Jakarta.


Untuk mengakomodasi rombongan Raja Salman yang berjumlah 1.500, sekitar 500 unit mobil mewah sewaan telah disiapkan di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, mobil diinapkan di parkir timur Senayan.

Rraja Salman akan tiba di Indonesia Rabu 1 Maret 2017 mendatang, melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Rombongan lalu menuju Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Usai pertemuan raja kembali ke Jakarta dan direncanakan menginap di Hotel Raffles.

Keesokan harinya, Raja Salman diagendakan bertemu ketua DPR Setya Novanto, mengunjungi masjid Istiqlal dan menerima wapres di Hotel Raffles.

Pada hari Jumat tidak ada agenda resmi Raja Salman, dan pada hari Sabtu 4 Marer, rombongan Raja Salman terbang ke Bali Melalu Bandara Halim Perdana Kusuma.

Rencananya Raja Salman akan berada di Bali hinggal 9 Maret mendatang. Rombongan raja yang berjumlah 1.500 orang selama di Bali akan menginap di hotel-hotel di kawasan Nusa Dua.

Saksikan video persiapan kedatanga Raja Salman ke Indonesia selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.