Sukses

VIDEO: Sambut Kedatangan Raja Salman, Kebun Raya Bogor Ditutup

Raja Salman bersama Presiden Joko Widodo akan menanam pohon di Kebun Raya Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Rapat khusus yang dilakukan Selasa kemarin membahas persiapan kunjungan kenegaraan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud di Istana Bogor, memutuskan penutupan Kebun Raya Bogor, satu hari.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (28/2/2017), kondisi ini terkait pengamanan Istana Bogor dan wilayah sekitarnya. Juga permintaan bibit pohon yang akan ditanam Raja Salman bersama Presiden Joko Widodo.

Di Jakarta, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia menyatakan kedua negara telah mencapai kesepakatan kerjasama yang dituangkan dalam 10 nota kesepahaman yang akan ditandatangani saat kunjungan kenegaraan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia.

"Semalam ada 8 nota kesepahaman kedua negara yang telah diselesaikan, dan hingga pagi ini, kami telah menyelesaikan dua lagi, hingga total 10 nota kesepahaman antara-dua negara. Kami adalah dua negara Islam besar di dalam skema kerjasama G-20, dan bekerjasama untuk meningkatkan hubungan ekonomi di antara kedua negara," kata Osama bin Muhammed Abdullah Al Shuaiby, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Raja Salman juga akan membangun sekolah khusus pendalaman bahasa Arab di tiga kota besar yakni Makasar, Surabaya dan Medan.

Kerjasama kedua negara di bidang pariwisata juga menjadi bahasan. Menteri Pariwisata menyatakan, Arab Saudi berminat menanamkan investasinya di bidang pariwisata di sejumlah wilayah yang akan ditindak lanjuti segera.

Selama ini Indonesia tertinggal dibanding Malaysia dan Thailand, yang bisa menarik kunjungan wisatawan dari Timur Tengah mencapai 300 dan 600 ribu orang pertahun. Sedang indonesia hanya berkisar sekitar 150 ribu wisatawan saja.

Wisatawan asal Timur Tengah adalah wisatawan yang lebih berkualitas dibanding asal negara lain. Dalam arti menghabiskan lebih banyak uang di negara tujuan wisata, yang mencapai 1.750 hingga 2.500 dolar Amerika Serikat per kunjungan.

Sedang wisatawan dari negara lainnya termasuk Eropa dan Amerika Serikat, rata-rata hanya menghabiskan uang sebesar 1.200 Dolar Amerika Serikat per kunjungan. Peluang penghasil devisa yang lebih bermanfaat bagi Indonesia.

Saksikan video persiapan menyambut Raja Salman di Kebun raya selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.