Sukses

VIDEO: Jokowi dan Raja Salman Teken 10 Kesepakatan Kerja Sama

Raja Salman dan Jokowi menandatangani 10 nota kesepahaman kerjasama antara dua negara. Satu di antaranya kerjasama di bidang urusan Islam.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi dan Raja Salman menandatangani 10 nota kesepahaman kerjasama antara kedua negara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (1/3/2017), kesepakatan kerjasama tersebut di bidang keamanan, kebudayaan, pendidikan, urusan Islam, perdagangan, UKM, perikanan dan kelautan serta pariwisata.

Di bidang pendidikan, pemerintah Arab Saudi berencana membangun sekolah bahasa Arab di Kota Makassar, Surabaya, dan Medan.

Di bidang pariwisata, kunjungan Raja Salman dan rombongan yang mencapai 1.500 orang ke Bali diharapkan mendorong kunjungan wisatawan dari Arab Saudi dan Timur Tengah pada umumnya.

Pada 2015 silam, wisatawan asal Timur Tengah yang berkunjung ke Indonesia mencapai 180 orang. Tahun 2016 meningkat menjadi 240 ribu orang, dan tahun ini diharapkan naik hingga 50 persen. Karena wisatawan Timur Tengah dikenal royal dalam berbelanja.

Sementara itu, investasi Arab Saudi di Indonesia saat ini terbilang kecil. Dari 2010-2015, investasi Arab Saudi hanya 34 juta dollar Amerika Serikat atau hanya 0,02 persen.

Pada 2016, nilai investasi Arab Saudi kurang dari 1 juta dollar Amerika Serikat. Lebih kecil dari investasi Mali, sebuah negara kecil di Afrika.

Selain ke Indonesia, sebelumnya Raja Salman mengunjungi Malaysia. Usai dari Indonesia, rombongan Raja Salman juga akan berkunjung ke China dan Jepang.

Saksikan video penandatangan nota kerjasama Presiden Jokowi dengan Raja Salman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.