Sukses

VIDEO: Situasi Lapas Jambi Usai Kerusuhan

Rusuh Lapas Jambi terjadi akibat warga binaan menolak rencana razia narkoba aparat kepolisian dan pegawai Kanwil Kemenkumham Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi menduga ada warga binaan melarikan diri usai kerusuhan pada Rabu malam, 1 Maret 2017. Dugaan itu menyusul penemuan sepasang sandal dan kain yang diduga milik warga binaan tergantung di tembok luar lapas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (2/7/2017), diduga tali dari kain itu digunakan untuk melarikan diri dengan memanjat tembok saat rusuh lapas Jambi.

Sementara itu, kondisi Lapas Klas IIA Jambi sudah kondusif pascakerusuhan semalam. Pagi tadi sejumlah warga binaan juga sudah bisa melakukan aktivitas seperti menurunkan dan membawa bahan makanan. Meski, prajurit TNI dengan senjata lengkap masih berada di areal lapas.

Sebelumnya ratusan warga binaan mengamuk dan membakar sejumlah bangunan lapas. Mereka menolak rencana razia narkoba aparat kepolisian dan pegawai Kanwil Kemenkumham Jambi.

Tak hanya itu, warga binaan juga melampiaskan kekecewaannya terhadap fasilitas Lapas Jambi yang dianggap tak memadai. Polisi pun berupaya membubarkan kericuhan dengan menggunakan gas air mata.

Saksikan tayangan video rusuh Lapas Jambi selengkapnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.