Sukses

Kilas Indonesia: 11 Orangutan Ditranslokasi ke Bagantung Kalteng

Liputan6.com, Palangkaraya - Warga Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, gotong royong membangun jembatan darurat menggunakan bambu. Sebagian lainnya, membersihkan tumpukan sampah yang menghalangi arus sungai.

Aksi gotong royong warga tersebut setelah tiang jembatan sepanjang 30 meter itu ambruk diterjang banjir. Selain sampah pohon, tumpukan ranting di sekitar pondasi tiang jembatan juga menghambat arus sungai. Berita ini mengawali Kilas Indonesia dalam Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (3/3/2017).

Sedangkan di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, badut polisi menyertai operasi simpatik yang digelar Polres Bolaang Mongondow. Hal ini untuk menghindari suasana tegang saat pemeriksaan dokumen dan tilang kendaraan.

Tak jarang sejumlah pengendara yang membawa anak-anak pun memanfaatkan kehadiran badut polisi untuk berfoto.

Sementara itu, puluhan narapidana (napi) wanita dikembalikan ke dalam Lapas Klas IIA Jambi. Sebelumnya, mereka sempat dievakuasi ke Rumah Tahanan Imigrasi Jambi saat terjadi kerusuhan di Lapas Klas IIA Jambi.

Para napi wanita itu langsung dibawa masuk ke dalam blok tahanan dengan pengawalan polisi bersenjata lengkap. Pengembalian ini menyusul kondisi di lapas yang telah kembali kondusif dan aman.

Selain itu, tim rescue Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) kembali melakukan operasi penyelematan satwa dilindungi. Mereka berhasil menyelamatkan orangutan di kawasan Mangkutub, Kabupaten Kapuas.

Dari operasi penyelamatan sejak pertengahan Februari hingga awal Maret 2017, tim rescue berhasil mengevakuasi 11 ekor orangutan. Belasan orangutan itu kini di translokasikan ke kawasan Bagantung, salah satu habitat orangutan terbesar di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Saksikan video pengtranslokasian orangutan berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Pemuda Pontianak Kurung 2 Bayi Orangutan Lucu di Kandang Sempit
Artikel Selanjutnya
Misi Penyelamatan Orangutan Tersasar di Perkebunan Sawit